Kamis, 21 Januari 2021

STRATEGI PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK

 1. SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING

SEGMENTASI

a. Demografi

Secara umum beras merah organik disukai semua usia dan kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai beras merah organik hanya saja konsumen anak-anak lebih sedikit daripada orang dewasa karena rasanya yang berbeda daripada nasi. lalu segmen perusahaan tertuju kepada semua kalangan

b. Geografis 

Pusat beras merah organik berdiri di Jakarta  dan sudah memiliki cabang di seluruh Indonesia masyarakat Indonesia sudah mengenal beras merah organik sehingga makanan ini bisa diterima oleh seluruh masyarakat di Indonesia dan berhasil melakukan segmentasi pasar atas dasar geografi

c. Psikologis 

Konsumen yang dibidik adalah konsumen menengah ke atas karena beras merah organik ini memiliki harga yang sedikit mahal dan dikemas sedemikian rupa menjadi makanan dengan kemasan modern dan bisa diterima di semua kalangan khususnya kalangan atas

d. Perilaku 

Konsumen secara perilaku ada segmentasi perilaku konsumen kebanyakan berawal dari rasa ingin mengecilkan badan atau diet karena beras merah organik ini dinilai mampu untuk menurunkan berat badan secara optimal. serta beras merah organik juga rendah gula sehingga baik untuk penderitas diabetes atau orang yang tidak suka manis dalam nasi putih

TARGETING

Setelah menganalisa segmentasi dapat diketahui bahwa target pasar utama dari beras merah organik ini adalah semua kalangan akan tetapi beras merah organik memfokuskan  produknya dapat dijangkau oleh kelompok konsumen kelas menengah ke atas karena beras merah organik ini dikemas menjadi makanan yang lebih modern dan sebagai menu diet yang ditawarkan dan  sebagai makanan kesehatan untuk penderita diabetes ataupun untuk orang-orang yang tidak mau makan nasi putih

POSITIONING 

Untuk mengidentifikasi posisi pasar, beras merah organik memposisikan dirinya sebagai bahan makanan pokok yang telah berkembang dan berhasil  dipasarkan di seluruh Indonesia serta dapat membuka cabang di seluruh daerah di Indonesia. Di samping itu beras merah organik ini juga menentukan keunggulan kompetitif  beras merah lainnya dimana beras merah ini adalah beras merah organik yang tidak menggunakan bahan kimia untuk penanamannya dan juga tidak menggunakan bahan pengawet ataupun bahan pewarna sehingga beras merah organik ini sehat dan aman dikonsumsi karena beras merah organik ini sangat memperhatikan kualitas kandungan gizi yang ada didalamnya daripada mengedepankan keuntungan. Akan tetapi jika kualitasnya baik maka harga yang diberikan juga baik

2. BAURAN PEMASARAN

BAURAN PRODUK (PRODUCT)

Beras merah organik ini memiliki berbagai keunggulan yang sangat berbeda dengan beras merah lainnya. Beras merah organik ini lebih mementingkan kualitas dan kandungan gizi didalamnya. Dibuktikan dengan tidak menggunakan bahan kimia dan juga pewarna serta pengawet. Beras merah organik ini menggunakan beras merah dengan kualitas yang baik. Cara perawatan penanaman dari beras merah organik ini juga sangat dijaga kualitasnya seperti dengan memberikan pupuk-pupuk organik dan  yang ditanam ditempat yang tidak tidak terkena hama dan penyakit. Untuk varian dari beras merah organik ini bervariasi yaitu varian untuk ukuran 250 gram, 500 gram, 1 kg dan juga 5 kg. Serta untuk varian rasa nya adalah beras merah organik original dan beras merah organik yang sudah dicampur dengan biji-bijian seperti yang ada di gambar di bawah ini.


BAURAN HARGA (PRICE)

Dari produsen sendiri harga produk beras merah organik original untuk ukuran 250 gram adalah  Rp15.000, ukuran 500 gram Rp25.000, dan untuk ukuran 1 kg adalah Rp45.000 dan untuk varian rasa mix adalah untuk ukuran 250 gram adalah Rp20.000, ukuran 500 gram, Rp30.000, dan untuk ukuran 1 kg adalah Rp50.000

Harga pada beras merah organik pada dasarnya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan meskipun harga bahan baku yang fluktuatif. Namun jika seiring waktu naiknya semua harga bahan baku dari harga bahan pangan maka harus mempertahankan diri di pasar dengan ikut menaikkan harga. Harga yang dinaikkan jika melalui perhitungan dan pertimbangan Dimana harga tidak akan melebihi harga  atap yang telah ditetapkan oleh pemerintah yang masih terjangkau di kalangan konsumen untuk harga dengan kompetitor harga yang ditetapkan beras merah organik ini bisa dibilang harga yang kompetitif  sedikit lebih mahal dibanding dengan kompetitor sejenisnya dikarenakan kualitas yang berbeda dengan kompetitor lain.

BAURAN DISTRIBUSI (PLACE)

Lokasi pusat dari beras merah organik ini berada di kota Jakarta dengan beberapa cabang yang tersebar di seluruh provinsi di di Indonesia. Dari pabrik yang telah tersebar di tiap provinsi di Indonesia maka akan di distribusikan ke gudang tempat penyimpanan beras merah organik yang ada di tiap-tiap kota di seluruh Indonesia. Setelah itu beras merah organik siap untuk didistribusikan di outlet-outlet kecil seperti Indomaret dan Alfamart, dan juga outlet-outlet besar seperti Giant, Carrefour, Transmart, Superindo, Lotte Mart, Ranch Market, dan lain-lain.

BAURAN PROMOSI (PROMOTION)

Promosi merupakan bagian yang paling penting dari proses pemasaran. promosi mencakup semua bentuk dari komunikasi dengan konsumen dan stakeholder dari iklan massal hingga pengembangan presentasi penjualan personal. dalam peluncuran produk beras merah organik ini menyebarkan  voucher potongan harga di supermarket dan juga melalui media iklan di TV, di radio, di koran dan juga baliho reklame yang ada di pinggir jalan. serta pemasaran melalui media sosial seperti YouTube, Facebook dan Twitter. kemudian beras merah organik ini bekerja sama dengan  platform grosir online seperti Happy Fresh dan juga bekerja sama dengan transportasi online seperti grab dan go-jek dengan fitur aplikasi yaitu go Mart yang lebih memudahkan melakukan penjualan dan juga kami juga melakukan promosi di Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan hingga ke Alibaba.

3. CONTOH MEDIA PROMOSI  dan GAMBAR SIAP UPLOAD








4. DAYA SAING BERAS MERAH ORGANIK DI PASAR ASEAN
Suatu produk dikatakan memiliki daya saing jika memiliki harga jual yang bersaing dan memiliki mutu yang baik oleh sebab itu daya saing produk beras merah organik di pasar Asia adalah produsen harus memproduksi komoditas dengan mutu yang paling baik dan memiliki biaya produksi yang cukup rendah sehingga pada harga yang terjadi di pasar internasional nantinya dapat diproduksi dan dipasarkan oleh produsen dengan memperoleh harga laba yang mencukupi sehingga dapat mempertahankan kelanjutan biaya produksinya 
Adapun strategi untuk meningkatkan daya saing beras merah organik di pasar Asia adalah
1. dengan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di perusahaan beras merah organik
2.  memperbaiki kebijakan hukum yang berlaku
3. mengembangkan variasi-variasi yang menjadi di selera bagi konsumen yang ada di pasar internasional
4. Selain itu  perusahaan juga harus menganalisis Bagaimana segmentasi positioning dan targeting jika sudah siap untuk impor di pasar Asean




Tidak ada komentar:

Posting Komentar