Untuk dapat
menjual barang/jasa kepada konsumen diperlukan suatu kegiatan pemasaran agar
konsumen mengetahui produk/jasa yang kita jual berikut keunggulannya. Agar
dapat menjual barang/jasa dengan baik, diperlukan suatu strategi pemasaran yang
efektif. Hal ini bertujuan agar pemasaran yang kita lakukan benar-benar dapat
menginformasikan produk yang kita jual dan dipahami dengan jelas oleh target
konsumen kita. Namun, sebelum kita masuk lebih dalam, mari kita ulas sedikit
mengenai makna dari strategi pemasaran.
Strategi: Cara-cara yang dilakukan
dengan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai apa yang diinginkan (tujuan).
Pemasaran: kegiatan-kegiatan yang
terdiri dari menentukan harga jual, menetapkan pangsa atau segmen konsumen,
memilih jalur penjualan, mempromosikan produk ditujukan terhadap segmen
konsumen yang dipilih.
Strategi pemasaran: cara-cara yang
dilakukan dengan kemampuan yang dimiliki untuk menentukan harga jual,
menetapkan pangsa atau segmen konsumen, memilih jalur penjualan, mempromosikan
produk ditujukan terhadap segmen konsumen yang dipilih.
Manfaat strategi pemasaran
- · Merencanakan produk dan membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.
- · Menentukan harga jual yang tepat.
- · Mempromosikan produk dengan cara dan saluran media yang tepat.
- Strategi pemasaran yang lazim digunakan adalah bauran pemasaran 4P (Marketing Mix). Bauran pemasaran adalah kombinasi dari 4 kegiatan (4P) yang merupakan inti dari sistem pemasaran.
Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran
juga dikenal dengan istilah 4P, yaitu product (produk), price (harga), place
(tempat penjualan/jalur distribusi), dan promotion (promosi)
Product (produk) adalah sesuatu yang
ditawarkan ke calon konsumen, baik berupa barang maupun jasa. Hal-hal yang
termasuk product meliputi: variasi, kualitas, desain, merek, dan kemasan.
Price (harga) adalah sejumlah uang yang
harus dikeluarkan oleh calon konsumen untuk memiliki / menikmati barang atau
jasa yang diinginkan. Hal-hal yang termasuk price meliputi: daftar harga dan
diskon potongan harga.
Place (tempat penjualan / jalur distribusi)
adalah merupakan lokasi atau tempat dimana calon konsumen bisa dengan mudah
menjangkau atau mendapatkan barang atau jasa yang diinginkan. Hal-hal yang
termasuk place meliputi: lokasi penjualan, wilayah penjualan, dan alat
transportasi.
Promotion (promosi) adalah
kegiatan-kegiatan atau cara yang dilakukan oleh pengusaha untuk mengenalkan
barang atau jasa yang dijual dan menarik minat calon konsumen untuk membeli,
termasuk media yang digunakan untuk promosi. Hal-hal yang termasuk promotion
meliputi: brosur, poster, iklan di koran, majalah, radio, media online
(facebook dan Instagram), spanduk, dan lain-lain.
Sebelum
menerapkan 4P di atas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu:
·
Solusi Pelanggan (Customer Solution). Barang
atau jasa yang dijual harusnya dapat membantu dan mampu menyelesaikan masalah
konsumen.
·
Biaya Pelanggan (Customer Cost). Barang atau
jasa yang akan dibayarkan oleh konsumen untuk membeli produk tersebut harus
sesuai atau setara dengan kebutuhan atau keinginannya.
·
Kenyamanan (Convenience). Barang atau jasa
tersebut mampu menyenangkan konsumen karena mudah diperoleh di mana-mana.
·
Komunikasi (Communication). Pengusaha dan
konsumen dapat melakukan komunikasi baik sebelum membeli, saat membeli, maupun
sesudah pembelian barang atau jasa.
ANGGARAN
PEMASARAN
Setelah
menentukan strategi pemasaran, sekarang saatnya menentukan anggaran pemasaran.
Hal terpenting yang harus diingat oleh pengusaha adalah membuat anggaran
pemasaran yang sesuai dengan barang atau jasa yang akan dijual dan calon
konsumen yang dipilih. Anggaran pemasaran hanya mencakup biaya yang timbul dari
aktivitas pemasaran saja. Tidak termasuk aktivitas usaha yang lain, seperti
produksi.
Anggaran
pemasaran dapat bervariasi dari bulan ke bulan, biasanya tergantung pada
situasi dan kondisi usaha dan konsumen. Ada beberapa bulan dimana permintaan
konsumen terhadap barang atau jasa tertentu cukup banyak, misalnya bulan Juni
dan Juli yang mendekati tahun ajaran baru bagi sekolah-sekolah di Indonesia.
Bila usaha kita menjual seragam sekolah, maka permintaan konsumen untuk seragam
sekolah pada bulan tersebut biasanya lebih banyak daripada bulan-bulan yang
lain. Pada bulan tersebut, anggaran pemasaran dimungkinkan untuk ditingkatkan
agar permintaan konsumen bisa dipenuhi dengan maksimal
Izin promo ya Admin^^
BalasHapusbosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~