SIAPA KONSUMEN PRODUK KU?
Seorang pengusaha tidak
akan mungkin bisa menjual semua barang atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen,
karena kebutuhan konsumen berbeda-beda. Jenis kelamin, usia, tingkat
pendapatan, lokasi dan tempat tinggal bisa menyebabkan perbedaan kebutuhan
tersebut.
Dikarenakan begitu banyak
pilihan produk barang atau jasa yang ditawarkan, maka seorang penjual harus
memilih calon konsumen yang akan dipenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu,
penting bagi pengusaha untuk memahami kriteria calon konsumen. Kriteria tersebut
meliputi jenis kelamin, usia, tingkat pendapatan, tempat tinggal, dan lainnya.
Tabel dibawah ini akan membantu untuk menentukan konsumen mana yang akan
dipilih.
Kriteria
|
Kelompok
|
Yang dipilih
|
Alasan memilih kelompok tersebut
|
Jenis
Kelamin
|
Laki-laki
Perempuan
|
Laki
dan perempuan
|
Tidak
ada alasan dalam mengkonsumsi susu kedelai
|
Usia
|
Anak-anak
Remaja
Dewasa
Lansia
|
Segala
usia
|
Segala
usia suka minum susu soya
|
Tingkat
Pendapatan
|
bawah
Menengah
Atas
|
Semua
kalangan
|
Harga
terjangkau untung semua tingkat pendapatan
|
Tempat
tinggal
|
Kost
Kontrak
Milik sendiri
|
Semua
kalangan
|
Kebutuhan
minuman untuk segala keadaan
|
Kriteria
Lain
.................
|
Pengusaha diperbolehkan
memilih lebih dari satu kelompok konsumen jika mereka mempunyai kebutuhan yang
sama. Pengusaha juga diperbolehkan menulis kriteria lain yang dianggap perlu
untuk diketahui.
Setelah target calon
konsumen telah diketahui, maka langkah selanjutnya adalah membuat slogan.
Slogan adalah salah satu cara untuk membuat target calon konsumen ingat dengan
barang atau jasa yang dijual pengusaha. Slogan juga akan membedakan barang atau
jasa yang dijual seorang pengusaha dengan pengusaha lain. Slogan harus singkat,
mudah diingat, mudah diucapkan, dan ada hubungannya dengan keunggulan barang
atau jasa yang dijual.
Contohnya:
“Suleee.. Segarnya Mantapp Jiwaaa”
KEUNGGULAN BERSAING
Dalam menjalankan usaha,
seorang pengusaha pasti akan menghadapi persaingan. Beberapa pesaing sudah
diidentiļ¬kasi kelebihan dan kekurangannya. Ada beberapa cara untuk menghadapi,
bertahan, dan unggul dalam persaingan tersebut. Salah satunya adalah dengan
memiliki keunggulan bersaing. Suatu usaha dikatakan memiliki keunggulan
bersaing jika usaha tersebut mempunyai sesuatu yang berbeda dari yang dimiliki
oleh pesaing dan melakukan sesuatu lebih baik dari pesaing. Ada dua cara untuk
menciptakan keunggulan bersaing, yaitu:
11. Biaya produksi yang lebih murah
Biaya
produksi yang lebih murah dapat dilakukan melalui beberapa hal. Misalnya dengan
menciptakan proses produksi yang mudah, mencari supplier (pemasok) bahan baku
yang murah namun tetap sesuai dengan standard, membeli bahan baku dalam jumlah
yang banyak (grosir), sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari
pada harga eceran.
Dengan
demikian, pengusaha dapat menjual produk dengan harga yang lebih murah
dibandingkan harga pesaing, namun tetap memiliki kualitas produksi yang sama
bahkan bias lebih baik. Selain itu, dengan biaya produksi yang murah, pengusaha
juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
22. Menciptakan perbedaan dengan produk
pesaing
Untuk
mendapatkan tempat di hati konsumen, produk yang dijual haruslah berbeda dengan
produk sejenis lainnya. Perbedaan disini bukan hanya sekedar berbeda penampilan
atau rasa, namun perbedaan yang benar-benar dibutuhkan dan memberi manfaat
lebih bagi konsumen dan pelanggan. Menciptakan perbedaan unik yang belum
dimiliki oleh pesaing, yang membuat konsumen senang dan ingat dengan produk
kita dan ingin terus melakukan pembelian.
Izin promo ya Admin^^
BalasHapusbosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~